Pandemi menyebabkan sektor Pendidikan merasakan dampak yang begitu besar akibat pandemi Covid-19 ini. Dampak pandemic covid-19 terhadap sector menyebabkan terjadinya proses pembelajaran yang kurang efektif dikarenakan pembelajaran hanya dilakukan melalui daring (online). Padahal biasanya proses pembelajaran tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar di kelas, dimana guru dapat dengan mudah memantau siswanya. Penerapan kegiatan belajar secara daring menuntut guru harus mau dan mampu menerapkan pembelajaran daring yang efektif, akan tetapi faktanya di Indonesia masih banyak guru yang belum memiliki kemampuan dalam pembelajaran daring. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dan tidak terpisahkan dari keseluruhan proses pembelajaran, sehingga keterampilan untuk mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh seorang guru.

Pemakaian media dalam pembelajaran banyak memberikan manfaat pada proses pembelajaran. Dilihat dari manfaat, pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru di SD Al – Islah masih belum bisa efektif, karena belum bisa memanfaatkan teknologi digital dengan baik. Selama ini, kebanyakan guru hanya memberikan tugas kepada siswa melalui grup Whatsapp. Setelah tugas selesai dikerjakan, siswa mengumpulkan tugas tersebut di grup Whatsapp. Proses pembelajaran ini berlangsung setiap hari selama pembelajaran daring ini. Padahal yang dibutuhkan siswa bukan hanya pemberian tugas tetapi adanya interaksi antara siswa dengan siswa. Jika hal ini terus berlanjut akan mengabkitkan siswa merasa jenuh melakukan kegiatan pembelajaran daring

Maka dari itu,perlu penerapan pembelajaran interaktif agar dapat menarik perhatian para siswa. Media pembelajaran interaktif digital yang dapat digunakan secara bebas dan free adalah Kahoot. Kahoot merupakan salah satu media pembelajaran interaktif online yang didalamnya terdapat kuis dan game. pemanfaatan media digital dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan berpengaruh secara psikologis kepada siswa. Maka dari itu, penting adanya sosialisasi dan pelatihan tentang bagaimana menggunakan aplikasi kahoot untuk proses pembelajaran, diharapkan guru SD Al-Islah Surabaya dapat memahami dan menggunakan teknologi pembelajaran interaktif dengan baik.