Pondok Pesantren Almuin Syarif Hidayatullah berada di bawah naungan Yayasan Almuin Syarif Hidayatullah. Adapun Kegiatan dari Pondok Pesantren Almuin Syarif Hidayatullah adalah MTIT ( Majlis Ta’lim Ilmu Tauhid ), Madrasah Diniyah, TPQ dan Tahfidz. Semua kegiatan Ponpest Almuin Syarif Hidayatullah dibawah koordinasi dan pengawasan dari Yayasan Almuin Syarif Hidayatullah, mulai dari sarana dan prasarana kebutuhan santri hingga pembiayaan acara. Pondok Pesantren Almuin Syarif Hidayatullah Membina insan yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, kreatif, mandiri dan ber- orientasi masa depan dengan mengedepankan akhlakul karimah.  Pondok Pesantren (Ponpes) Almuin memiliki 18 pengasuh dan 256 santri. Ponpes Almuin merupakan pondok pesantren yang masih baru dan semua pengelolaan administrasinya masih bersifat manual. Jumlah pengurus Ponpes yang bertugas untuk melakukan pencatatan administrasi juga terbatas. Hal tersebut menimbulkan pencatatan data tidak dapat terekap dengan optimal. Sehingga dibutuhkan aplikasi untuk membantu mendigitalisasi kegiatan administrasi keuangan. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Tri Deviasari Wulan, S.T., M.T. bertujuan untuk mengenalkan atau mensosialisasikan tentang aplikasi keuangan yang dapat dimanfaatkan untuk penelolaan keuangan ponpes Almuin. Aplikasi keuangan dibuat dengan dua fitur yaitu profil dan transaksi. Fitur profil berisi profil sekilas pondok pesantrean Almuin. Sedangkan fitur transaksi digunakan untuk melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran. User dapat menginput kode transaksi yang dapat dipilih (pengeluaran dan pendapatan). Kemudian memasukkan jumlah uang berdasarkan kode transaksi yang pilih. Keterangan diisi dengan jenis pengeluarannya untuk apa, sedangkan untuk pendapatan diisi dengan pendapatannya dari mana. Dalam mendukung pengimplementasian aplikasi keuangan tersebut, pondok pesantren telah memiliki satu laptop yang dapat digunakan untuk kegiatan administrasi dan pengoperasian aplikasi keuangan yang telah dibuat. Selain itu pengelola pondok pesantren telah menunjuk dua perwakilan dari pengelola pondok pesantren Almuin sebagai penanggung jawab sekaligus admin dalam mengoperasikan dan melakukan pelaporan keuangan setiap bulan. Sosialisasi aplikasi keuangan juga dilakukan kepada seluruh pengelola pondok pesantren. Hal ini bertujuan agar seluruh pengelola dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi pada era revolusi industry 4.0. Sosialisasi dihadiri 15 pengelola pondok pesantren dan dilaksanakan pada pondok pesantren Almuin. Berdasarkan hasil sosialisasi terdapat peningkatan 60% pemahaman terkait aplikasi keuangan.