Gemastik telah menjadi salah satu acara yang dinantikan oleh para mahasiswa pecinta teknologi di Indonesia. Merupakan sebuah platform kompetisi yang mempertemukan para talenta muda dengan minat dalam berbagai bidang teknologi. Gemastik menjadi wadah untuk mengasah kemampuan, berkolaborasi, serta berinovasi dalam rangka menghadapi tantangan teknologi masa kini dan mendatang.
Dalam setiap penyelenggaraan, Gemastik tidak hanya menjadi ajang untuk bersaing, tetapi juga sebagai sarana pengenalan dan sosialisasi tentang beragam divisi lomba yang tersedia. Dari pemrograman hingga bisnis teknologi informasi, setiap peserta memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya di berbagai bidang, seperti:
· Pemrograman: Mengasah kemampuan coding untuk menyelesaikan berbagai permasalahan komputasi.
· Keamanan Siber: Menguji keahlian dalam menjaga keamanan sistem informasi dari serangan siber.
· Penambangan Data: Mengolah dan menganalisis data besar untuk menemukan informasi yang bermanfaat.
· Desain Pengalaman Pengguna: Menciptakan desain yang intuitif dan menarik bagi pengguna.
· Animasi: Menghidupkan gambar dan cerita melalui animasi yang kreatif dan berkualitas.
· Kota Cerdas: Merancang solusi teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup di kota.
· Karya Tulis Ilmiah TIK: Menuangkan ide dan gagasan inovatif melalui karya tulis ilmiah di bidang TIK.
· Pengembangan Perangkat Lunak: Membangun aplikasi dan sistem perangkat lunak yang bermanfaat bagi masyarakat.
· Piranti Cerdas Sistem Benam dan IoT: Mengembangkan piranti cerdas yang terhubung dengan internet untuk berbagai aplikasi.
· Pengembangan Aplikasi Game: Merancang dan mengembangkan aplikasi game yang seru dan edukatif.
· Pengembangan Bisnis TIK: Menciptakan ide bisnis TIK yang inovatif dan berkelanjutan.
Untuk menjadi bagian dari kompetisi ini, peserta diharuskan mengumpulkan proposal atau pemanasan dari tanggal 1 April hingga 17 Juni 2024. Tahapan ini memungkinkan peserta untuk mempersiapkan ide dan strategi mereka dengan matang sebelum memasuki babak selanjutnya.
Salah satu strategi kunci dalam Gemastik adalah pemilihan tim yang tepat. Mahasiswa diharapkan untuk memilih anggota tim yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki minat dan dedikasi yang tinggi dalam mengikuti lomba atau komunitas sejenis. Kolaborasi antara individu yang memiliki latar belakang dan minat yang berbeda dapat membawa terobosan dan ide-ide segar dalam menghadapi tantangan yang kompleks.
Tidak hanya soal persiapan teknis, namun juga penting untuk memahami tata cara membuat presentasi yang baik dan benar. Presentasi yang efektif tidak hanya menyajikan ide secara jelas, tetapi juga memperkaya konten dengan berbagai elemen visual dan deskriptif. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat presentasi yang menarik adalah:
- Motion Image: Memasukkan animasi atau video pendek untuk memperjelas konsep atau demonstrasi produk.
- Image / Picture: Menggunakan gambar atau ilustrasi untuk memperkaya konten dan menarik perhatian audiens.
- Numbers: Menyajikan data atau statistik dalam bentuk grafik atau diagram untuk memberikan pemahaman yang lebih baik.
- Teks/Description: Memberikan penjelasan yang singkat namun padat tentang konsep atau solusi yang diajukan.
Kesimpulan
Gemastik tidak hanya merupakan sebuah ajang kompetisi teknologi, tetapi juga merupakan wadah bagi peserta untuk menggali potensi dan memperluas wawasan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dengan berbagai divisi lomba yang mencakup aspek teknologi yang beragam, acara ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengembangkan kemampuan, berkolaborasi, dan menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.
Strategi penting dalam menghadapi Gemastik adalah memilih tim dengan anggota yang memiliki minat dan dedikasi tinggi dalam mengikuti lomba atau komunitas sejenis. Kolaborasi antara individu yang beragam dalam latar belakang dan minat dapat menghasilkan terobosan dan ide-ide segar dalam menghadapi tantangan teknologi yang kompleks. Dengan demikian, Gemastik bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga merupakan perjalanan eksplorasi, pembelajaran, dan inovasi dalam dunia teknologi.
Penulis: Abdur Rochman S1 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital UNUSA
Komentar Terbaru