Kelantan, Malaysia, 26 Juni 2024 – Dalam upaya pengabdian masyarakat sebagai sarana edukasi dalam upaya tranformasi ritel melalui inovasi digital, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) berkolaborasi dalam inisiatif pengabdian masyarakat internasional. Dalam kegiatan ini, Dosen dari UNUSA, Rizqi Putri Nourma B. memberikan paparan tema yang bertajuk “Transformasi Ritel: Membuka Potensi KasirBosQ untuk Integrasi dan Optimalisasi Titik Penjualan yang Lancar,” mempertemukan mahasiswa dan dosen dari kedua institusi untuk sesi berbagi pengetahuan.

Seminar ini merupakan bagian dari Global Entrepreneurship and Business Seminar Series (GEBSS) 2024, sebuah upaya berkelanjutan untuk memperkuat kemitraan internasional di bidang akademik dan bisnis. Dalam pengabdian masyarakat ini, menerangkan bahwa sebuah sistem titik penjualan (POS) yang dikembangkan di Indonesia, dirancang untuk menyederhanakan manajemen keuangan dan mengoptimalkan operasional ritel.

Ada beberapa agenda diantaranya kolaborasi presentasi oleh para-Dosen dari UNUSA dan para-

Dosen dari UMK. Melalui berbagi sharing keilmuan ini, diharapkan kedepannya bisa kolaborasi riset untuk pengembangan lanjut yang dapat memberikan manfaat bagi peritel sehingga dapat menyederhanakan pelacakan penjualan, mengelola inventaris, dan menangani berbagai metode pembayaran secara efisien, sehingga memberikan wawasan berbasis data kepada bisnis. Bagi dosen dan mahasiswa UMK, pemaparan teknologi ini membuka perspektif baru tentang integrasi alat digital.

Kegiatan ini berlangsung lancar, dengan partisipasi aktif dari peserta UNUSA dan UMK. Seminar yang berfokus pada pembelajaran dan berbagi solusi transformasi ritel dengan menyoroti peran strategis teknologi dalam mengoptimalkan kebermanfaatan untuk UMKM. Menurut salah satu dosen UMK yang berpartisipasi, “Seminar ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana teknologi seperti KasirBosQ yang masih sederhana untuk ditingkatkan lagi agar dapat mendorong efisiensi operasional. Ini sangat selaras dengan fokus universitas kami pada kewirausahaan (enterpreneurship) dan inovasi.”

Baik mahasiswa maupun dosen di UMK menyambut antusias, mencatat bahwa seminar ini tidak hanya memperluas pemahaman mereka tentang sistem POS, tetapi juga menyoroti kebutuhan bagi bisnis ritel untuk beradaptasi dengan ekonomi digital yang terus berkembang. Kolaborasi antara UNUSA dan UMK selama acara ini memperkuat komitmen mereka untuk memajukan inovasi ritel melalui kerjasama akademis. Inisiatif ini menjadi bukti bahwa kemitraan akademik dapat mendorong kemajuan teknologi dan memberikan solusi praktis bagi industri.