Muhammad Rafli, seorang mahasiswa S1 Manajemen di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, merasa beruntung bisa mengikuti kegiatan magang yang diselenggarakan oleh PT. PLN (Persero). Ia mengatakan bahwa magang tersebut memberinya banyak pengalaman dan ilmu baru tentang dunia kerja. “Kesempatan emas tersebut tidak saya sia-siakan, melihat bahwa PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan besar dan ternama di Indonesia yang pastinya memberikan banyak pengalaman serta ilmu baru yang dapat diambil sebagai bekal nantinya untuk terjun ke dunia kerja. ” “Hal-hal mendasar mengenai seputar dunia pekerjaan telah saya dapat dari pengalaman magang di PLN ULP Rungkut, Surabaya. Mulai dari bagaimana organisasi sebuah perusahaan tersebut bisa berjalan sesuai dengan job description masing-masing, hingga detail kecil untuk menyusun sebuah surat terdapat tata cara yang harus diperhatikan dengan baik dan benar.” ujar Rafli.

Rafli mengaku bahwa magang di PLN juga menantang dirinya untuk beradaptasi dengan lingkungan dan budaya kerja yang berbeda. Ia harus bisa bekerja sama dengan tim, berkomunikasi dengan baik, dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan tanggung jawab dan profesionalisme. “ Pengalaman yang saya dapat dari penugasan di ruang inti kantor adalah yang pertama, bagaimana saya pribadi harus bisa dan juga percaya diri terhadap apa yang dikuasai, jika saya tidak berani untuk mengeluarkan keahlian yang dimiliki maka akan sia-sia. Kedua, cobalah untuk berani berbicara terus terang terhadap kesulitan yang kamu alami, serta berani untuk berbicara terus terang mengenai ide dan juga argument yang ingin kamu suarakan untuk dapat membantu kerja sama team. Ketiga, jangan takut untuk bertanya dan juga meminta bantuan kepada sesama team atau orang lain yang lebih menguasai suatu hal tersebut, karena jika kamu takut untuk bertanya maka kamu akan lebih mengalami kesulitan yang berkelanjutan.” tutur Rafli.

Selain pengalaman yang didapatkan di ruang inti kantor, dia juga mendapatkan kesempatan untuk bisa merasakan pengalaman di tempat penugasan pelayanan pelanggan. “Pengalaman dan ilmu baru yang saya dapat dari ruang pelayanan pelanggan adalah yang pertama, berusahalah untuk berani memulai interaksi dan komunikasi terhadap orang lain. Kedua, jangan pernah takut untuk memulai sebuah percakapan terhadap orang lain. Ketiga, berusaha menghormati dan mendengarkan hingga selesai apa yang orang lain ingin katakana. Keempat, terapkan senyum, salam, sapa, sopan dan santun kepada lawan bicara kita. Kelima, jangan mudah terbawa emosi dengan lawan bicara kita, usahakan untuk tetap tenang dan tidak memotong pembicaraan lawan bicara kita. Dari kelima pengalaman dan ilmu baru yang saya dapatkan di bagian pelayanan pelanggan, menjadi bekal saya nanti untuk bisa diterapkan di lingkungan dunia kerja.” Tutur Rafli.

PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan besar dan ternama di Indonesia yang kontribusinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu PT. PLN ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk bisa merasakan pengalaman bekerja di perusahaan besar melalui kegiatan magang.